Latest News

Ayat Alquran Ihwal Sabar Dan Ikhlas

- Sabar dan nrimo dalam menjalani kehidupan ini yaitu salah satu sifat yang baik dan disukai oleh Allah SWT. Kesabaran dibutuhkan dalam aneka macam aspek kehidupan baik itu bekerjasama dengan keluarga, masyarakat, agama, negara, maupun lingkungan sekitar.

Ikhlas berarti mendapatkan dengan sepenuh hati terhadap segala ketentuan Allah SWT. Musibah yang menimpa kita hendaklah sanggup menimbulkan kita semakin bersahabat dengan-Nya, jadikan sebagai materi untuk introspeksi diri dan meyakini bahwa semuanya akan kembali kepada-Nyalah.
 Sabar dan nrimo dalam menjalani kehidupan ini yaitu salah satu sifat yang baik dan disu Ayat AlQuran Tentang Sabar dan Ikhlas
Surha Qaaf ayat 39
Berikut ini merupakan kumpulan ayat-ayat Al-Qur'an pilihan yang bekerjasama dengan sabar dan ikhlas:

1. Surat Al-Furqan Ayat 75

أُو۟لَٰٓئِكَ يُجْزَوْنَ ٱلْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوا۟ وَيُلَقَّوْنَ فِيهَا تَحِيَّةً وَسَلَٰمًا

"Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) lantaran kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya." (QS. Al-Furqan: 75)

2. Surah Al-Ahqaf ayat 35

فَٱصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُو۟لُوا۟ ٱلْعَزْمِ مِنَ ٱلرُّسُلِ وَلَا تَسْتَعْجِل لَّهُمْ ۚ كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوٓا۟ إِلَّا سَاعَةً مِّن نَّهَارٍۭ ۚ بَلَٰغٌ ۚ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلَّا ٱلْقَوْمُ ٱلْفَٰسِقُونَ

"Maka bersabarlah kau sekalian sebagaimana orang-orang yang memiliki keteguhan hati dari pada Rasul-rasul yang telah bersabar dan janganlah kau sekalian meminta disegerakan (azab) bagi mereka. Pada ketika mereka melihat azab yang diancamkan pada mereka maka seolah mereka tidak tinggal di dunia melainkan sesat di siang hari." (QS. Al-Ahqaf: 35)

3. Surah Al-Baqarah ayat 156-157

ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ

أُو۟لَٰٓئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوَٰتٌ مِّن رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۖ وَأُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْمُهْتَدُونَ

"(Yaitu) orang-orang yang apabila menimpa kepada mereka suatu musibah, mereka berkata: Sesungguhnya kita ini dari Allah, dan bersama-sama kepada-Nyalah kita semua akan kembali. Mereka itu akan dikaruniakan atas mereka anugerah-anugerah dari Tuhan mereka dan rahmat, dan mereka itulah orang-orang yang akan menerima petunjuk sehingga sanggup menghadapi peristiwa alam dalam Islam." (QS. Al-Baqarah: 156-157 )

4. Surah An-Nisa ayat 19

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا يَحِلُّ لَكُمْ أَن تَرِثُوا۟ ٱلنِّسَآءَ كَرْهًا ۖ وَلَا تَعْضُلُوهُنَّ لِتَذْهَبُوا۟ بِبَعْضِ مَآ ءَاتَيْتُمُوهُنَّ إِلَّآ أَن يَأْتِينَ بِفَٰحِشَةٍ مُّبَيِّنَةٍ ۚ وَعَاشِرُوهُنَّ بِٱلْمَعْرُوفِ ۚ فَإِن كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَيَجْعَلَ ٱللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

"Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kau mempusakai perempuan dengan jalan paksa dan janganlah kau menyusahkan mereka lantaran hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kau berikan kepadanya, terkecuali jikalau mereka melaksanakan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian jikalau kau tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) lantaran mungkin kau tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menimbulkan padanya kebaikan yang banyak." (QS. An-Nisa:19)

5. Surah An-Nisa ayat 25

وَمَن لَّمْ يَسْتَطِعْ مِنكُمْ طَوْلًا أَن يَنكِحَ ٱلْمُحْصَنَٰتِ ٱلْمُؤْمِنَٰتِ فَمِن مَّا مَلَكَتْ أَيْمَٰنُكُم مِّن فَتَيَٰتِكُمُ ٱلْمُؤْمِنَٰتِ ۚ وَٱللَّهُ أَعْلَمُ بِإِيمَٰنِكُم ۚ بَعْضُكُم مِّنۢ بَعْضٍ ۚ فَٱنكِحُوهُنَّ بِإِذْنِ أَهْلِهِنَّ وَءَاتُوهُنَّ أُجُورَهُنَّ بِٱلْمَعْرُوفِ مُحْصَنَٰتٍ غَيْرَ مُسَٰفِحَٰتٍ وَلَا مُتَّخِذَٰتِ أَخْدَانٍ ۚ فَإِذَآ أُحْصِنَّ فَإِنْ أَتَيْنَ بِفَٰحِشَةٍ فَعَلَيْهِنَّ نِصْفُ مَا عَلَى ٱلْمُحْصَنَٰتِ مِنَ ٱلْعَذَابِ ۚ ذَٰلِكَ لِمَنْ خَشِىَ ٱلْعَنَتَ مِنكُمْ ۚ وَأَن تَصْبِرُوا۟ خَيْرٌ لَّكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

"Dan barang siapa di antara kau (orang merdeka) yang tidak cukup perbelanjaannya untuk mengawini perempuan merdeka lagi beriman, ia boleh mengawini perempuan yang beriman, dari budak-budak yang kau miliki. Allah mengetahui keimananmu sebahagian kau yaitu dari sebahagian yang lain, lantaran itu kawinilah mereka dengan seizin tuan mereka dan berilah mas kawin mereka berdasarkan yang patut, sedang mereka pun wanita-wanita yang memelihara diri, bukan pezina dan bukan (pula) perempuan yang mengambil pria lain sebagai piaraannya dan apabila mereka telah menjaga diri dengan kawin, lalu mereka mengerjakan perbuatan yang keji (zina), maka atas mereka separo eksekusi dari eksekusi wanita-wanita merdeka yang bersuami. (Kebolehan mengawini budak) itu, yaitu bagi orang-orang yang takut kepada kesulitan menjaga diri (dari perbuatan zina) di antaramu, dan kesabaran itu lebih baik bagimu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. An-Nisa:25)

6. Surah Al A’raf ayat 137

وَأَوْرَثْنَا ٱلْقَوْمَ ٱلَّذِينَ كَانُوا۟ يُسْتَضْعَفُونَ مَشَٰرِقَ ٱلْأَرْضِ وَمَغَٰرِبَهَا ٱلَّتِى بَٰرَكْنَا فِيهَا ۖ وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ ٱلْحُسْنَىٰ عَلَىٰ بَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ بِمَا صَبَرُوا۟ ۖ وَدَمَّرْنَا مَا كَانَ يَصْنَعُ فِرْعَوْنُ وَقَوْمُهُۥ وَمَا كَانُوا۟ يَعْرِشُونَ

"Dan Kami pusakakan kepada kaum yang telah ditindas itu, negeri-negeri bahagian timur bumi dan bahagian baratnya yang telah Kami beri berkah padanya. Dan telah sempurnalah perkataan Tuhanmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israel disebabkan kesabaran mereka. Dan Kami hancurkan apa yang telah dibentuk Firaun dan kaumnya dan apa yang telah dibangun mereka." (Al-A'raf:137)

7. Surah Huud ayat 49

تِلْكَ مِنْ أَنۢبَآءِ ٱلْغَيْبِ نُوحِيهَآ إِلَيْكَ ۖ مَا كُنتَ تَعْلَمُهَآ أَنتَ وَلَا قَوْمُكَ مِن قَبْلِ هَٰذَا ۖ فَٱصْبِرْ ۖ إِنَّ ٱلْعَٰقِبَةَ لِلْمُتَّقِينَ

"Itu yaitu di antara berita-berita penting wacana yang mistik yang Kami wahyukan kepadamu (Muhammad); tidak pernah kau mengetahuinya dan tidak (pula) kaummu sebelum ini. Maka bersabarlah, bersama-sama kesudahan yang baik yaitu bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Huud: 49)

8. Surah Al-Insaan Ayat 23-24

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا عَلَيْكَ ٱلْقُرْءَانَ تَنزِيلًا

فَٱصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ وَلَا تُطِعْ مِنْهُمْ ءَاثِمًا أَوْ كَفُورًا

"Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur’an kepadamu (hai Muhammad) dengan berangsur-angsur. Maka bersabarlah kau untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu." (QS. Al-Insaan: 23-24)

9. Surah As-Sajdah ayat 24

وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوا۟ ۖ وَكَانُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا يُوقِنُونَ

"Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami ketika mereka sabar. Dan yaitu mereka meyakini ayat-ayat Kami." (Q.S. As-Sajdah: 24)

10. Surah Al-Ahzab ayat 35

إِنَّ ٱلْمُسْلِمِينَ وَٱلْمُسْلِمَٰتِ وَٱلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَٱلْقَٰنِتِينَ وَٱلْقَٰنِتَٰتِ وَٱلصَّٰدِقِينَ وَٱلصَّٰدِقَٰتِ وَٱلصَّٰبِرِينَ وَٱلصَّٰبِرَٰتِ وَٱلْخَٰشِعِينَ وَٱلْخَٰشِعَٰتِ وَٱلْمُتَصَدِّقِينَ وَٱلْمُتَصَدِّقَٰتِ وَٱلصَّٰٓئِمِينَ وَٱلصَّٰٓئِمَٰتِ وَٱلْحَٰفِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَٱلْحَٰفِظَٰتِ وَٱلذَّٰكِرِينَ ٱللَّهَ كَثِيرًا وَٱلذَّٰكِرَٰتِ أَعَدَّ ٱللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

"Sesungguhnya pria dan perempuan yang muslim, pria dan perempuan yang mukmin, pria dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, pria dan perempuan yang benar, pria dan perempuan yang sabar, pria dan perempuan yang khusyuk, pria dan perempuan yang bersedekah, pria dan perempuan yang berpuasa, pria dan perempuan yang memelihara kehormatannya, pria dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar." (QS. Al-Ahzaab: 35)

11. Surah Al-Ma'aarij ayat 5

فَٱصْبِرْ صَبْرًا جَمِيلًا

"Maka bersabarlah kau dengan sabar yang baik." (QS. Al-Ma'aarij: 5)

12. Surah Qaaf ayat 39

فَٱصْبِرْ عَلَىٰ مَا يَقُولُونَ وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ ٱلشَّمْسِ وَقَبْلَ ٱلْغُرُوبِ

"Maka bersabarlah kau terhadap apa yang mereka katakan dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya)." (QS. Qaaf: 39)

0 Response to "Ayat Alquran Ihwal Sabar Dan Ikhlas"

Total Pageviews