Latest News

Surah Fushshilat Juz 25 Ayat 47-54 Dan Artinya

 - Surah Fushshilat adalah surah dalam Al-Qur'an yang berada dalam urutan ke-41, terdiri atas 54 ayat, termasuk golongan surah Makkiyah, terdapat pada juz-24 (ayat 1-46), dan juz-25 (ayat 47-54). Arti dari surah Fushshilat yaitu Yang dijelaskan, sebagaimana terdapat pada ayat ke-3 surah ini.
Arab dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia lengkap dari ayat  Surah Fushshilat Juz 25 Ayat 47-54 dan Artinya
Surah Fushshilat
Dengan membaca, memahami, dan mengamalkan isi dari Al-Qur'an khususnya dari surah Fushshilat ini semoga membawa kebaikan, keberkahan, dan pelajaran. Berikut ialah surah Fushshilat tulisan Arab dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia lengkap dari ayat 47 hingga 54:


بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang


إِلَيْهِ يُرَدُّ عِلْمُ ٱلسَّاعَةِ ۚ وَمَا تَخْرُجُ مِن ثَمَرَٰتٍ مِّنْ أَكْمَامِهَا وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنثَىٰ وَلَا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِهِۦ ۚ وَيَوْمَ يُنَادِيهِمْ أَيْنَ شُرَكَآءِى قَالُوٓا۟ ءَاذَنَّٰكَ مَا مِنَّا مِن شَهِيدٍ

47. Kepada-Nya-lah dikembalikan pengetahuan perihal hari Kiamat. Dan tidak ada buah-buahan keluar dari kelopaknya dan tidak seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan, melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Pada hari Tuhan memanggil mereka: "Dimanakah sekutu-sekutu-Ku itu?", mereka menjawab: "Kami nyatakan kepada Engkau bahwa tidak ada seorangpun di antara kami yang memberi kesaksian (bahwa Engkau punya sekutu)".

وَضَلَّ عَنْهُم مَّا كَانُوا۟ يَدْعُونَ مِن قَبْلُ ۖ وَظَنُّوا۟ مَا لَهُم مِّن مَّحِيصٍ

48. Dan hilang lenyaplah dari mereka apa yang selalu mereka sembah dahulu, dan mereka yakin bahwa tidak ada bagi mereka satu jalan keluarpun.

لَّا يَسْـَٔمُ ٱلْإِنسَٰنُ مِن دُعَآءِ ٱلْخَيْرِ وَإِن مَّسَّهُ ٱلشَّرُّ فَيَـُٔوسٌ قَنُوطٌ

49. Manusia tidak jemu memohon kebaikan, dan jikalau mereka ditimpa malapetaka ia menjadi frustasi lagi putus harapan.

وَلَئِنْ أَذَقْنَٰهُ رَحْمَةً مِّنَّا مِنۢ بَعْدِ ضَرَّآءَ مَسَّتْهُ لَيَقُولَنَّ هَٰذَا لِى وَمَآ أَظُنُّ ٱلسَّاعَةَ قَآئِمَةً وَلَئِن رُّجِعْتُ إِلَىٰ رَبِّىٓ إِنَّ لِى عِندَهُۥ لَلْحُسْنَىٰ ۚ فَلَنُنَبِّئَنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ بِمَا عَمِلُوا۟ وَلَنُذِيقَنَّهُم مِّنْ عَذَابٍ غَلِيظٍ

50. Dan jikalau Kami mencicipi kepadanya sesuatu rahmat dari Kami setelah ia ditimpa kesusahan, pastilah ia berkata: "Ini ialah hakku, dan saya tidak yakin bahwa hari Kiamat itu akan datang. Dan jikalau saya dikembalikan kepada Tuhanku maka sebenarnya saya akan memperoleh kebaikan pada sisi-Nya". Maka Kami benar-benar akan memberitakan kepada orang-orang kafir apa yang telah mereka kerjakan dan akan Kami rasakan kepada mereka azab yang keras.

وَإِذَآ أَنْعَمْنَا عَلَى ٱلْإِنسَٰنِ أَعْرَضَ وَنَـَٔا بِجَانِبِهِۦ وَإِذَا مَسَّهُ ٱلشَّرُّ فَذُو دُعَآءٍ عَرِيضٍ

51. Dan apabila Kami memperlihatkan nikmat kepada manusia, ia berpaling dan menjauhkan diri; tetapi apabila ia ditimpa malapetaka, maka ia banyak berdoa.

قُلْ أَرَءَيْتُمْ إِن كَانَ مِنْ عِندِ ٱللَّهِ ثُمَّ كَفَرْتُم بِهِۦ مَنْ أَضَلُّ مِمَّنْ هُوَ فِى شِقَاقٍۭ بَعِيدٍ

52. Katakanlah: "Bagaimana pendapatmu jikalau (Al Quran) itu tiba dari sisi Allah, kemudian kau mengingkarinya. Siapakah yang lebih sesat daripada orang yang selalu berada dalam penyimpangan yang jauh?"

سَنُرِيهِمْ ءَايَٰتِنَا فِى ٱلْءَافَاقِ وَفِىٓ أَنفُسِهِمْ حَتَّىٰ يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ ٱلْحَقُّ ۗ أَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ أَنَّهُۥ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ شَهِيدٌ

53. Kami akan memperlihatkan kepada mereka gejala (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga terperinci bagi mereka bahwa Al Alquran itu ialah benar. Tiadakah cukup bahwa sebenarnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?

أَلَآ إِنَّهُمْ فِى مِرْيَةٍ مِّن لِّقَآءِ رَبِّهِمْ ۗ أَلَآ إِنَّهُۥ بِكُلِّ شَىْءٍ مُّحِيطٌۢ

54. Ingatlah bahwa sebenarnya mereka ialah dalam keraguan perihal pertemuan dengan Tuhan mereka. Ingatlah bahwa sebenarnya Dia Maha Meliputi segala sesuatu.

Selanjutnya: Surah Asy-Syuura dan Artinya

0 Response to "Surah Fushshilat Juz 25 Ayat 47-54 Dan Artinya"

Total Pageviews